Memahami Perbedaan Platform Media Sosial Untuk Bisnis
Pemasaran di media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mengiklankan produk atau layanan karena iklan dan konten bisa mendapatkan perhatian yang masif. Ada banyak cara untuk memasarkan merek Anda tanpa terlihat terlalu memaksa, dan berbagai platform menyediakan akses ke rentang usia dan demografi yang berbeda.
Sebagai pemasar atau pemimpin bisnis, Anda harus mengetahui perbedaan antara platform media sosial. Meskipun semuanya dapat bermanfaat untuk strategi pemasaran Anda, tidak semuanya kemungkinan akan digunakan oleh audiens target Anda. Dengan mengetahui perbedaan antara masing-masing platform, Anda akan tahu mana yang perlu diprioritaskan saat menyusun kampanye untuk pemasaran media sosial Anda, menghemat waktu, tenaga, dan uang.
Artikel ini memberikan rancangan tentang platform media sosial paling populer yang saat ini digunakan dan menguraikan apa yang membuat masing-masing platform itu unik, memberi Anda ide yang lebih baik tentang mulai dari mana ketika merencanakan strategi media sosial Anda.
Gambaran Umum Platform Media Sosial Populer
Banyak yang cenderung berpikir bahwa audiens di platform media sosial yang berbeda tumpang tindih, artinya setiap orang memiliki akun di berbagai platform (Facebook, Instagram, dll), dan anggapan itu seringkali benar.
Dengan demikian, ada perbedaan besar antara memiliki akun dan aktif di media sosial tertentu. Di sinilah perbedaan dimulai. Di bawah ini, kami akan menyelami lebih dalam apa yang membuat setiap platform media sosial teratas unik dan bagaimana cara terbaik menggunakannya untuk terlibat dengan audiens tertentu.
Dengan 2,91 miliar pengguna aktif bulanannya, Facebook tetap menjadi platform media sosial terbesar secara global. Ini adalah tempat di mana orang terhubung dengan teman dan keluarga, berbagi foto dan video, dan bahkan menulis postingan panjang. Dengan begitu banyak pengguna, sulit untuk mengatakan bahwa Facebook memiliki rentang usia atau audiens tertentu (walaupun paling populer di kalangan milenial). Dalam hal ini, sangat ideal untuk memasarkan segala jenis bisnis.
Sisi negatifnya berasal dari fakta bahwa menjadi populer di platform sebesar itu sangatlah sulit. Facebook telah menindak visibilitas organik dalam beberapa tahun terakhir, yang membuatnya sulit untuk mendapatkan audiens tanpa membayarnya terlebih dahulu. Namun, jika Anda sudah memiliki bisnis dengan audiens target interaktif dan banyak suka di Facebook, Anda dapat menggunakan pengelola iklannya untuk mempromosikan produk dan layanan baru secara lebih efisien.
YouTube
YouTube adalah platform dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi kedua, tepat di belakang Facebook. Bersamaan dengan itu, ini dianggap sebagai mesin pencari terbesar kedua, selain Google. Berkat YouTube, video online menjadi arus utama, dan beberapa tahun yang lalu, vloggers menjadi selebritas, mirip dengan bagaimana bintang TikTok sekarang melakukan hal yang sama.
Sejak awal tahun 2000-an, YouTube telah mengalami banyak perubahan dan saat ini memungkinkan pengguna untuk menonton Film, TV, Video standar, dan bahkan video pendek seperti di Instagram Reels dan TikTok.
Dalam hal iklan, YouTube dapat digunakan untuk menayangkan video bergerak seperti film pendek yang memberikan kesan abadi pada pemirsa. Namun, agar merek Anda mendapat perhatian dari jenis pemasaran ini, Anda perlu bekerja dengan algoritme dan memastikan bahwa video yang Anda hasilkan benar-benar luar biasa dan unik.
Jika berbicara tentang social media marketing, banyak orang yang langsung mengaitkannya dengan Instagram. Platform yang menciptakan karir sebagai influencer dan tetap menjadi salah satu yang paling populer saat mencoba memasarkan produk atau jasa.
Mayoritas pengguna Instagram berusia lebih muda, dengan sekitar 70% termasuk dalam kelompok usia 13-34 tahun. Ini juga merupakan target audiens terbaik untuk iklan media sosial. Platform ini juga memiliki banyak fitur inovatif, seperti Reel, Story, dan Live Streaming, membuat iklan terasa lebih pribadi dan tidak seperti seseorang mencoba membuat Anda membeli sesuatu.
Manfaat lain menggunakan Instagram adalah peluang untuk meningkatkan kesadaran merek Anda, karena platform tersebut mendukung pertumbuhan organik. Meskipun algoritme-nya dikenal sering berubah-ubah. Misalnya, algoritme mendorong postingan yang mendapat jumlah suka paling banyak untuk sementara waktu, tetapi sekarang memprioritaskan Reel karena mencoba membuatnya lebih populer. Nah, dengan mengikuti postingan seperti apa yang Instagram sedang promosikan, Anda bisa menggunakannya sebagai cara mengiklankan bisnis Anda secara organik.
TikTok
TikTok mungkin adalah platform media sosial yang paling cepat berkembang dari semuanya. Selama dua tahun terakhir, terus mendapatkan lebih banyak pengguna, dan pada Maret 2022, secara resmi memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Seperti yang dikatakan Backlinko, “dari 4,8 miliar pengguna internet di seluruh dunia, 20,83% menggunakan TikTok.”
Jika Anda memiliki merek yang menarik audiens yang lebih muda dari usia 14 hingga 25 tahun, maka TikTok adalah platform media sosial untuk bisnis Anda. Ini menawarkan Anda kesempatan untuk membuat konten yang menyenangkan dan menarik yang juga informatif dan modern. Selain itu, TikTok terus meningkatkannya. Misalnya, sekarang memberi kreator kemampuan untuk membuat video panjang, dan fitur Story telah ditambahkan, mengikuti model yang dibuat oleh Instagram dan Snapchat.
Baik pria maupun wanita sama-sama aktif di platform, tetapi wanita memimpin, yang merupakan 60% pengguna. Ini adalah keunggulan kecil dibandingkan dengan beberapa platform lain seperti Pinterest dan Tumblr, di mana wanita adalah mayoritas.
Secara keseluruhan, jika Anda ingin menjual produk ke millenial dan ingin memasarkan merek Anda sebagai produk yang dapat dihubungkan, menyenangkan, modern, atau menarik, maka TikTok harus berada di urutan teratas daftar Anda saat memilih media sosial.
Tidak seperti Facebook atau Instagram, LinkedIn bukanlah platform media sosial untuk semua orang. Ini adalah situs jaringan yang terutama ditujukan untuk pengguna dengan profil bisnis yang ingin terhubung dengan profesional lain atau calon pemberi kerja.
Ketika menggunakannya untuk tujuan pemasaran, sangat cocok jika Anda mempromosikan bisnis atau produk atau layanan Anda yang dibuat khusus untuk jenis pekerja profesional tertentu. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda mencoba membuat perusahaan Anda lebih populer di antara calon karyawan.
Hal unik lainnya tentang LinkedIn adalah foto atau video bukanlah jenis konten yang paling populer, tidak seperti kebanyakan platform. Sebaliknya, pengguna menikmati posting yang lebih panjang atau pendek, unik dalam format tertulis.
Mengetahui platform media sosial mana yang memiliki ikatan paling dekat dengan audiens target Anda akan membantu Anda membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.
Jika Anda merasa tidak terhubung dengan platform yang mungkin berfungsi dengan baik sebagai saluran pemasaran untuk merek Anda, ide yang baik untuk meminta saran dari mitra pemberi pengaruh Anda atau pakar media sosial.