Cara Menghasilkan Uang dari Facebook
Tidak mengherankan jika banyak orang dan bisnis mencoba mendapatkan uang dari Facebook. Dengan audiens potensial yang begitu luas, itu masuk akal. Ada lebih dari 2 miliar pengguna Facebook aktif bulanan, dengan 1,3 miliar aktif setiap hari.
Namun, bagi yang baru mempelajari cara menghasilkan uang dari Facebook mungkin sulit untuk dilakukan dalam waktu singkat. Karena ukuran Facebook yang sangat luas, tidak mungkin untuk menonjol dalam waktu cepat. Hal in terjadi karena sekarang Facebook hanya menampilkan posting pilihan di umpan/beranda seseorang. Bahkan mungkin status yang Anda buat ke halaman bisnis Anda akan mencapai tidak lebih dari 7% dari total pengikut.
Setiap kali seseorang membuka umpan Facebook mereka, algoritma Facebook melewati empat langkah untuk memutuskan posting mana yang akan ditampilkan kepada orang itu, yaitu:
- Inventaris – algoritma Facebook memeriksa semua status terbaru yang dibagikan oleh teman-teman orang tersebut dan halaman yang mereka ikuti.
- Sinyal – kemudian melihat berbagai macam sinyal berdasarkan perilaku pengguna di masa lalu. Ini termasuk, siapa yang membuat posting, waktu rata-rata yang dihabiskan untuk konten, keterlibatan posting, penandaan dan komentar, seberapa informatif posting itu, dan banyak sinyal lainnya. Sinyal signifikan dari sudut pandang menghasilkan uang adalah bahwa algoritma Facebook menimbang status dari orang-orang sebagai lebih penting daripada posting dari halaman.
- Prediksi – ini mencoba menebak bagaimana pengguna akan bereaksi terhadap cerita tertentu, apakah mereka akan membagikannya, mengomentarinya, membacanya, atau mengabaikannya.
- Skor – algoritma Facebook menghasilkan Skor Relevansi untuk setiap posting, berdasarkan sinyal dan prediksinya.
Saat Facebook mengumpulkan umpan seseorang, itu hanya menampilkan postingan dengan Skor Relevansi tertinggi.
Jadi, jika Anda berencana untuk memulai menghasilkan uang dari Facebook, siapkan cukup banyak waktu untuk belajar bagaimana algoritma Facebook bekerja.
Cara Menghasilkan Uang dari Facebook
1. Bangun Audiens
Alasan mengapa influencer sukses di Facebook adalah karena mereka telah melalui proses membangun pengikut/audiens.
Anda perlu membangun keahlian di Facebook dengan membagikan serangkaian posting yang sangat baik, tautan, gambar, dan pembaruan yang menarik. Untuk benar-benar berhasil, Anda harus membangun bidang minat di mana Anda dapat diakui sebagai seorang ahli.
Kim Garst menyimpulkannya dengan baik ketika dia berkata, “Untuk menjual di Facebook, Anda harus berhenti memperlakukan penggemar seperti komoditas dan mulai memperlakukan mereka seperti teman Anda.”
2. Menjual Barang di Marketplace atau Grup Jual Beli
Ini tergantung pada lokasi, Anda akan melihat berbagai macam barang dan jasa untuk dijual di Facebook Marketplac, mulai dari Rumah dan Taman hingga Kendaraan dan Sepeda.
Pengguna Facebook dapat memilih wilayah geografis tempat mereka melihat produk untuk dijual. Misalnya, Anda dapat mengaturnya untuk menampilkan barang untuk dijual dalam jarak tetap dari rumah Anda. Anda juga dapat memfilter berdasarkan harga.
Anda bisa mendapatkan uang dengan menempatkan barang cadangan Anda di Facebook Marketplace. Anda mungkin harus mengadakan negosiasi dengan orang-orang, jadi pastikan untuk mengingat harga terendah di mana Anda bersedia menjual.
Demikian pula, ada grup Jual Beli di Facebook di sebagian besar wilayah. Anda dapat membuat posting yang menjual barang cadangan Anda di grup ini. Mereka sering memiliki inti anggota yang sama, dan karena itu menderita lebih sedikit tawar-menawar dari orang-orang yang mencoba untuk mendapatkan harga terendah.
3. Berjualan Dari Fanpage Facebook Anda
Banyak bisnis menemukan bahwa ini bisa jadi rumit. Tidak mudah untuk membangun Skor Relevansi yang cukup tinggi untuk posting halaman Anda agar muncul di umpan berita pengikut Anda.
Oleh karena itu untuk menghasilkan uang dari Facebook menggunakan halaman penggemar Anda, Anda perlu membuat dan membagikan konten yang dihargai banyak orang secara teratur. Seperti yang dikatakan Kim Garst, Formula Penjualan Facebook-nya adalah “Jadilah Berguna + Jadilah Otentik + Jual Sesekali = Penjualan Facebook Besar.”
Jika Anda terlibat dalam pemasaran influencer, influencer Anda dapat membantu Anda dalam hal ini. Mereka dapat menyediakan konten yang berguna dan otentik, dan mengarahkan pendukung mereka ke halaman penggemar Anda.
Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa iklan Facebook untuk meningkatkan jangkauan posting penjualan. Tapi jangan lupa untuk membangun audiens organik, sebagian besar posting Anda tidak dapat berorientasi pada penjualan. Mereka harus berharga dan/atau menghibur bagi audiens potensial Anda.
Dengan beriklan di Facebook, penting untuk mengingat di mana sebagian besar pengguna Facebook berada dalam Siklus Pembelian. Mereka tidak menggunakan platform dengan tujuan untuk membeli apa pun sama sekali. Ini tidak seperti beriklan di Google, di mana pembeli potensial mencari istilah untuk membantu mereka melakukan pembelian. Orang-orang datang ke Facebook untuk mengobrol dengan teman-teman mereka, bukan untuk membeli produk Anda.
Oleh karena itu adalah tanggung jawab Anda untuk membangun saluran penjualan (sales funnel). Untuk melakukan ini, Anda tentu ingin menjangkau audiens seluas mungkin, jadi Anda harus berbagi berbagai konten. Berikan campuran tautan ke posting blog berkualitas, video, pernyataan kontroversial, infografis, dan apa pun yang menurut Anda akan menarik orang kepada Anda. Mereka harus, dalam beberapa hal, berhubungan dengan produk yang Anda promosikan, atau setidaknya tipe orang yang akan tertarik dengan produk Anda.
Setelah Anda membuat saluran penjualan (baik sendiri atau dengan bantuan influencer), Anda harus mulai mempromosikan konten kepada mereka. Perhatikan tingkat keterlibatan pada posting ini, dan bagikan lebih banyak jenis materi dengan keterlibatan tertinggi.
Anda kemudian harus mempertimbangkan untuk mempromosikan konten dalam iklan yang ditargetkan ke Pemirsa Serupa (Lookalike Audiences). Meskipun orang-orang ini mungkin belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, mereka telah menunjukkan dari kegiatan masa lalu mereka bahwa mereka memiliki minat yang sama dengan orang-orang yang telah mengikuti Anda. Oleh karena itu, tidak boleh terlalu rumit untuk menarik audiens ini dengan konten Anda.
4. Buat dan Operasikan Grup Facebook Niche Anda
Meskipun ada sedikit nilai dalam menjalankan grup Facebook dengan satu-satunya fokus untuk melakukan penjualan, mereka dapat menjadi cara yang berguna untuk memberi tahu orang-orang apa yang Anda tawarkan.
Grup Facebook dapat sangat berguna jika Anda menjual produk informasi. Anda dapat membentuk kelompok, mendorong anggota untuk saling membantu dan berbagi gagasan. Sekali lagi Anda perlu memastikan bahwa Anda menawarkan konten yang berguna kepada anggota grup, dan seringkali Anda dapat menyarankan produk Anda sebagai solusi untuk masalah mereka.
Grup Facebook juga dapat bekerja dengan baik sebagai cabang dari aktivitas lain. Misalnya, jika produk Anda adalah kursus atau ebook, Anda dapat menjalankan Grup Facebook untuk anggota kelas Anda atau orang yang telah membeli ebook Anda.
Jika Anda memberikan pelatihan berbayar, Anda dapat menggunakan Grup Facebook sebagai tempat di mana klien Anda dapat berkumpul. Anda bahkan mungkin bisa mengoperasikannya sebagai Mastermind Group.
5. Saluran Penjualan Facebook yang Disarankan
Neil Patel, seorang marketing professional telah menulis Panduan Langkah demi Langkah terperinci untuk Membuat Saluran Penjualan Facebook. Seperti kebanyakan komentator lain, ia menekankan pentingnya membangun secara bertahap untuk penjualan di Facebook.
Neil percaya akan ada corong tujuh langkah yang diperlukan bagi Anda untuk mendapatkan uang dari Facebook. Intinya, tujuh langkahnya adalah:
- Buat berbagai kualitas konten untuk “audiens setia” Anda, yang telah menyatakan minat pada Anda atau produk Anda.
- Buat “Pemirsa Serupa” dari orang-orang dengan minat yang sama dengan audiens setia Anda.
- Promosikan konten berkualitas tinggi ke “Pemirsa Serupa”.
- Beberapa “Pemirsa Serupa” akan menyukai apa yang mereka lihat, dan menjadi penggemar halaman Facebook Anda. Beberapa bahkan mungkin memilih untuk langsung membeli produk Anda.
- Gunakan Facebook Pixel dan promosikan ulang kepada mereka yang belum membeli produk.
- Lanjutkan pemasaran ulang kepada mereka yang masih belum berkonversi.
- Maksimalkan konversi Anda.
6. Menjadi Influencer Marketing di Facebook
Banyak merek berjuang untuk membangun angka yang diperlukan untuk mendapatkan uang dari Facebook. Dalam situasi ini, adalah umum bagi perusahaan untuk meminta bantuan influencer.
Influencer telah melakukan perjuangan eksta keras untuk membangun audiens. Mereka juga telah melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun otoritas dan kepercayaan.
Mereka tahu bahwa mereka dapat bergabung dengan kemitraan merek, menyebarkan pesan merek dengan cara yang seharusnya tidak mungkin bagi merek. Persyaratan yang paling penting adalah bahwa merek tersebut cocok untuk pengikut influencer.
Influencer dapat mengirimkan konten bersponsor kepada penggemar mereka. Mereka juga dapat bekerja lebih dengan berbagi tautan afiliasi.
Mungkin solusi terbaik untuk bisnis adalah membangun halaman Facebook, tetapi pada saat yang sama bekerja dengan influencer untuk memulai proses, dan memberikan jangkauan yang tidak dapat dicapai oleh sebagian besar merek sendirian.
7. Monetisasi Konten Anda di Facebook
Ada beberapa cara yang berbeda Anda dapat memonetisasi konten di Facebook:
- Iklan In-Stream – Iklan in-stream membantu Anda menghasilkan uang dengan menyertakan iklan pendek sebelum, di tengah-tengah, dan di akhir video Anda. Facebook secara otomatis mengidentifikasi jeda alami di konten Anda untuk menempatkan iklan, atau Anda dapat memilih penempatan Anda sendiri. Pendapatan Anda ditentukan oleh hal-hal seperti jumlah tayangan video dan siapa pengiklannya.
- Fan Subscription – Dengan Langganan Penggemar, orang-orang yang sangat menyukai Halaman Anda dapat langsung mendanainya lalu melalui melakukan langganan bulanan dan berulang yang Anda tentukan. Kenali para pendukung dengan lencana khusus yang kami sediakan di komentar, dan beri mereka imbalan khusus seperti konten eksklusif dan diskon.
- Konten Bermerek – Anda dapat menghasilkan pendapatan dengan menerbitkan konten yang menampilkan atau dipengaruhi dari partner bisnis. Merek ingin bekerja sama dengan kreator konten dan pemirsanya. Agar lebih mudah, lebih aman, dan lebih berdampak bagi kedua pihak, Facebook membuat fitur yang bernama Pengelola Kolaborasi Merek (Brand Collaboration Manager) untuk membantu Anda menemukan dan terhubung dengan satu sama lain.
- Grup Subscription – Anda juga bisa menghasilkan uang dari grup subscription dengan memelihara kelangsungan eksistensi diri melalui langganan, yang memudahkan orang-orang berinvestasi lebih lanjut dalam komunitasnya.