Cara Jualan di TikTok

Cara Jualan di TikTok

TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, dengan lebih dari 150 juta pengguna Amerika dan 113 juta pengguna dari Indonesia. Ya, Indonesia menduduki peringkat kedua pengguna TikTok terbanyak di dunia, setelah posisi pertama diduduki oleh AS. Formatnya yang cepat dan konten yang sepertinya tidak ada habisnya membuatnya juga membuat ketagihan. Pengguna menghabiskan rata-rata 95 menit per hari untuk menelusuri video acak.

Apakah Anda menggunakan TikTok atau tidak (atau hanya tidak mau mengakui bahwa Anda ada di dalamnya), tidak dapat disangkal bahwa Anda dapat menjangkau banyak sekali penonton.

Sementara mayoritas konsumen konsumen memulai pencarian produk mereka di Shopee, 43% generasi muda menyatakan bahwa mereka memulai pencarian mereka di TikTok, jumlah yang lebih tinggi daripada mereka yang memulai di Google.

Disini, kami ingin memberitahu tentang betapa pentingnya membangun merek baik di dalam maupun di luar Shopee. Itu melibatkan membangun kehadiran media sosial bermerek. Mengingat pengguna TikTok yang luas dan potensi untuk meluncurkan produk Anda ke popularitas viral, jika Anda tidak menggunakan aplikasi ini dalam strategi membangun merek dan media sosial Anda, Anda harus melakukannya.

Sekarang, kami akan membahas cara mempromosikan bisnis Anda dan menjual produk Anda di TikTok.
 

Apa itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi berbagi video bentuk pendek di mana pengguna dapat membuat dan berbagi klip hingga 10 menit. Apa yang unik tentang TikTok, dan apa yang membuat kontennya begitu mudah dibagikan, adalah “Perpustakaan Suara” yang terus berkembang, di mana pembuat konten dapat dengan mudah menambahkan klip lagu atau cuplikan dialog dari acara TV, film, dan bahkan pembuat TikTok lainnya ke video mereka.

Suara ini memungkinkan budaya remixing konten viral aplikasi, sama seperti meme yang dibagikan ulang tanpa batas di Twitter dan Facebook, Suara individual dapat menjadi viral di TikTok, karena pengguna demi pengguna mengirimkan putaran mereka sendiri pada sinkronisasi lipsync atau video tarian yang sedang tren. Seperti yang dikatakan ruang redaksi TikTok.

 

“Salah satu kekuatan terbesar TikTok terletak pada menciptakan komunitas yang terasa erat meskipun ukurannya sangat besar. Meme, tren, atau lagu yang dibuat di TikTok dapat dengan cepat berubah dari lelucon menjadi fenomena nasional.”

 

Konten yang dihasilkan cukup menghibur, dan Anda akan segera melihat mengapa pengguna sering menggunakan aplikasi selama berjam-jam.

Sementara beberapa pencipta paling populer adalah selebritas dengan basis penggemar global (termasuk lebih dari beberapa yang menjadi terkenal melalui TikTok), sebenarnya cukup mudah untuk menjadi viral meskipun akun Anda tidak memiliki banyak pengikut. Dengan menggunakan Suara populer dan menggunakan Tagar/Hastag yang sedang tren, video pertama Anda dapat menerima ratusan ribu hingga jutaan penayangan.

 
Statistik TikTok
 

Anak-anak dan generasi muda merupakan mayoritas pengguna TikTok (68% berusia 10-39 tahun), tetapi segala usia ikut bersenang-senang. Bahkan merek terkenal seperti Coca-Cola, KFC, dan Levis memanfaatkan peluang untuk jangkauan viral.
 

KFC vs Coca Cola
 

Tren bergerak cepat di TikTok, jadi jika Anda mendengar suara, melihat tarian, atau tantangan tertentu yang menghasilkan ribuan tampilan, Anda sebaiknya melompat dan menaiki ombak!

 

 

Haruskah Anda membuat akun TikTok untuk bisnis Anda?

Jawaban singkatnya adalah YA! Tapi mari kita gali lebih dalam mengapa. Kehadiran media sosial Anda harus tetap menyertakan saluran lama seperti Instagram dan Facebook. Tapi jangan diskon TikTok karena melayani pengguna yang lebih muda, jika Anda melakukannya, Anda akan kehilangan peluang besar.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, TikTok diperkirakan memiliki 113 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia saja dan lebih dari 1 miliar di seluruh dunia. Tidak hanya audiens yang sangat besar, tetapi pengguna di TikTok juga sangat interaktif dan sangat terlibat.

Di TikTok, tidak masalah jenis produk apa yang Anda jual, yang penting adalah apakah Anda dapat memasukkan merek Anda ke dalam konten viral. Jika Anda menyumbangkan sentuhan unik Anda sendiri ke Suara yang sedang tren, video Anda dapat membangun kesadaran merek dengan menarik perhatian ribuan calon pelanggan.
 

Video TikTok FYP
 

Cara Jualan di TikTok

 

1. Buat akun Anda

Pertama, unduh aplikasi TikTok di ponsel Anda dan pilih buat akun. Jika Anda sudah memiliki akun TikTok pribadi, Anda mungkin ingin membuat akun kedua hanya untuk bisnis Anda. Anda dapat beralih antar akun Anda dalam aplikasi TikTok.

 
Daftar TikTok
 

Setelah Anda memasukkan informasi login Anda, Anda akan diminta untuk membuat nama pengguna untuk akun Anda. Cobalah untuk menjaga agar nama pengguna atau pegangan media sosial Anda konsisten di berbagai platform sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengidentifikasi merek Anda.

Setelah akun Anda dibuat, tambahkan gambar profil, bio singkat, dan hubungkan akun Instagram dan Youtube Anda jika Anda memilikinya.
 

2. Beralih ke akun Bisnis

Pengguna TikTok memiliki opsi untuk menggunakan akun “Pribadi” atau dua jenis akun “Pro” yang berbeda, yaitu “Pencipta/Kreator” atau “Bisnis”.

Saat Anda pertama kali membuat akun, itu akan menjadi Pribadi secara default. Ada beberapa keuntungan mengubah jenis akun Anda menjadi Pro, seperti fitur analitik. Selain itu, gratis untuk digunakan. Berikut ringkasan singkat dari setiap jenis akun TikTok:

  • Pribadi: Untuk pengguna sehari-hari yang sebagian besar akan menggunakan TikTok untuk melihat video orang lain.
  • Pembuat/Kreator: Untuk pengguna yang memposting setiap hari dan mencoba mengembangkan pengikut. Manfaatnya mencakup analitik mendetail tentang video Anda, seperti demografi penonton. Anda juga dapat bergabung dengan Creator Fund setelah mendapatkan 10.000 pengikut dan setidaknya 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir, yang akan memonetisasi penayangan Anda.
  • Bisnis: Bagi mereka yang menginginkan analitik. Dengan akun bisnis, Anda tidak akan dapat bergabung dengan Creator Fund, tetapi Anda masih dapat mengakses analitik terperinci. Anda akan dapat menambahkan tautan di bio Anda (misalnya untuk etalase Shopee Anda), informasi kontak bisnis, memiliki akses ke solusi keterlibatan unik, pelacakan kinerja, dan solusi periklanan.

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis atau merek Anda, akun Bisnis adalah taruhan terbaik Anda.
 

3. Mulailah membuat konten

Setelah akun Anda siap, mulailah membuat konten! Kami sarankan untuk menelusuri “Untuk Anda” sebentar hanya untuk merasakannya. Anda akan segera melihat tarian viral, tantangan, video komedi, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten TikTok:

  • Tetap ringan. Cobalah untuk membuat konten yang menyenangkan dan menghibur tanpa terlalu menjual. Intinya adalah untuk membuat pemirsa tetap terlibat sehingga mereka ingin menonton ulang atau bahkan membagikan video tersebut kepada teman-teman. Semakin banyak orang melihat dan membagikan konten Anda, semakin banyak TikTok akan menyarankannya kepada pengguna lain.
  • Terlibat dengan cepat. Cobalah untuk menarik perhatian pemirsa dengan sangat cepat, dalam beberapa detik pertama video Anda. Jika tidak, mereka hanya akan menggulir ke yang berikutnya. Cari tagar seperti #smallbusiness, #smallbusinesscheck, dan #entrepreneur untuk mendapatkan ide tentang bagaimana merek lain mempromosikan diri mereka sendiri.
  • Jadi diri sendiri. Jangan meniru konten orang lain dengan persis, tempatkan gaya dan branding unik Anda sendiri di setiap video yang Anda buat. Tapi jangan perfeksionis juga. Hal yang menyenangkan tentang TikTok adalah Anda dapat memposting sebanyak yang Anda inginkan untuk meningkatkan peluang Anda menjadi viral. Kami merekomendasikan posting setidaknya 1-3 per hari.
  • Mulai tantangan Anda sendiri. Buat tantangan dan tagar unik khusus untuk produk Anda yang akan mendorong orang untuk berpartisipasi. Misalnya, jika Anda menjual buket bunga, Anda dapat membuat tagar #buketbungachallenge dan menantang pengikut dan pemirsa Anda.

Menggunakan suara di TikTok Anda

Anda akan melihat bahwa sebagian besar video viral menampilkan musik atau suara khusus yang dibuat pengguna. Saat membuat video, Anda memiliki kemampuan untuk memilih dari Perpustakaan Suara TikTok. Menggunakan suara populer meningkatkan peluang Anda untuk menjadi viral di TikTok.
 

4. Libatkan audiens Anda dan tetap konsisten

Saat Anda mulai mendapatkan penayangan, suka, dan komentar, penting untuk terlibat secara aktif dengan komentar orang.

Penting juga untuk tetap konsisten dengan video Anda. Jika Anda hanya memposting sekali atau dua kali seminggu, Anda mungkin tidak akan mendapatkan jangkauan yang Anda inginkan. Jika Anda tetap memposting setidaknya sekali sehari, salah satu video Anda pasti akan menjadi viral di beberapa titik.

Anda akan segera menyadari bahwa mengembangkan akun TikTok jauh lebih mudah daripada mengembangkan akun Instagram atau YouTube. Selama Anda secara konsisten mengeluarkan konten yang menyenangkan, menarik, dan menghibur, akun Anda akan berkembang.

 

 

5. Manfaatkan pemasaran influencer

Anda dapat mempromosikan merek Anda di TikTok dengan bermitra kepada “influencer”, atau pembuat konten dengan pengikut yang lebih banyak. Influencer di niche Anda dapat menempatkan produk Anda di depan audiens yang jauh lebih besar. Manfaat lain dari mempekerjakan influencer TikTok adalah mereka memiliki kemampuan untuk membuat konten bermerek terasa organik, bukan seperti iklan yang terlihat jelas.

Mencari influencer di TikTok

Cari kata kunci yang sesuai dengan topik atau kategori produk Anda di dalam TikTok untuk melihat apakah ada pemberi pengaruh di ruang Anda yang ingin Anda ajak bekerja sama. Misalnya, jika Anda berada di ceruk buket bunga, telusuri “buket bunga” dan temukan pengguna yang memposting konten yang selaras dengan merek Anda.
 

Hastag Buket Bunga
 

Anda juga dapat menemukan talenta pemberi pengaruh teratas di TikTok’s Creator Marketplace. Marketplace adalah hub internal TikTok untuk menghubungkan influencer dan merek, dan menawarkan wawasan berbasis data tentang influencer mana yang tepat untuk merek Anda, plus alat untuk membantu Anda membangun kampanye pemasaran influencer.

TikTok kini mempermudah merek dan agensi pemasaran untuk menjangkau influencer TikTok melalui “TikTok Creator Marketplace API” yang baru.

Perbedaan antara API baru dan Creator Marketplace lama adalah memungkinkan perusahaan pemasaran bermitra untuk mengakses data demografi pemirsa TikTok, pelaporan kampanye waktu nyata, tren pertumbuhan, dan video berperforma terbaik.

Ini akan mempermudah merek dan agensi untuk menemukan influencer berkinerja terbaik untuk diajak bekerja sama.
 

6. Dorong konten buatan pengguna (UGC)

Banyak produk yang akhirnya menjadi viral di TikTok karena keterlibatan dari orang biasa seperti Anda dan konsumen. Orang yang menampilkan produk tertentu dalam videonya, baik dengan menggunakannya atau menjelaskan mengapa mereka menyukainya, dapat meluncurkan produk ke sirkuit viral.

Gilanya, banyak dari video populer ini bahkan bukan iklan berbayar. Sebaliknya, mereka adalah konten organik yang dibuat oleh pelanggan untuk menunjukkan betapa mereka menyukai produk tersebut.

Dorong pelanggan dan audiens Anda untuk memposting video mereka menggunakan produk Anda di TikTok. Anda dapat melakukan ini dengan membuat tantangan, seperti yang kami sebutkan di atas.
 

7. Beriklan di TikTok

TikTok menawarkan merek platform iklan dengan sejumlah jenis iklan dan opsi penargetan yang dapat dipilih untuk menampilkan produk atau layanan Anda kepada orang yang tepat.

Bergantung pada jenis iklan yang ingin Anda jalankan, Anda harus menggunakan platform iklan swalayan mereka atau berbicara dengan salah satu pengelola iklan mereka untuk memulai.
 

TikTok Works

  • Jenis Iklan Swalayan mencakup iklan video dalam umpan. Jenis iklan ini akan muncul di halaman “Untuk Anda” pengguna saat mereka menggulir. Mereka muncul sebagai video TikTok biasa di dalam feed Anda, mereka berbaur, dan tidak terlihat seperti iklan tradisional.
  • Penyiapan iklan dengan Ad Manager mencakup tantangan tagar bermerek, pengambilalihan merek resmi, iklan tampilan atas, dan efek bermerek.

Untuk mulai membuat iklan di TikTok, Anda harus terlebih dahulu mendaftar akun TikTok For Business. Setelah mendaftar, Anda akan memiliki akses ke Pengelola Iklan TikTok tempat Anda dapat membuat kampanye. Kemudian Anda memilih sasaran berdasarkan apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda, seperti jangkauan, kesadaran merek, lalu lintas situs web, atau penjualan.

Mirip dengan Iklan Facebook, Anda dapat memilih siapa yang ingin Anda targetkan dengan iklan Anda. Filter mencakup usia, jenis kelamin, lokasi, dan bahkan minat.
 

8. Asah keterampilan pemasaran Anda dengan sumber daya TikTok

TikTok menawarkan “Pusat Sumber Daya Bisnis Kecil” untuk membantu pengguna akun Bisnis mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi. Di sana, pengguna dapat mengakses template untuk membuat konten iklan, bergabung dengan webinar gratis yang dipimpin pakar, dan membaca kisah sukses dari merek yang menggunakan TikTok untuk meningkatkan jangkauan pelanggan mereka.

Itu juga tempat pengguna dapat menemukan petunjuk tentang cara menggunakan TikTok Pixel untuk melacak kinerja iklan. Piksel adalah sedikit kode yang dapat Anda sematkan di etalase toko online atau situs web lain untuk mengumpulkan data tentang pelanggan yang telah Anda jangkau melalui konten TikTok Anda.

 

 

Mulailah mempromosikan merek Anda di TikTok!

Baik itu melalui akun TikTok bermerek Anda sendiri atau melalui influencer, Anda harus benar-benar mempromosikan produk Anda di TikTok.

Jadilah kreatif dan hasilkan konten Anda yang unik untuk merek atau produk Anda. Menumbuhkan pemirsa di TikTok jauh lebih mudah daripada yang Anda kira, Anda hanya perlu keluar dari zona nyaman dan melakukannya!

Siap produk Anda menjadi sensasi viral TikTok selanjutnya? Mulailah membuat konten!

Apakah Anda memiliki pertanyaan lain tentang TikTok? Beri tahu kami di bawah ini!
 


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *