Cara Cepat Masuk FYP di TikTok
Seperti keinginan banyak orang, masuk FYP di TikTok hari ini, menjadi viral, dan memperoleh pendapatan online. Ada beragam cara digunakan demi mendongkrak popularitas video dengan variasi seperti komedi, tutorial, musik, hingga kejadian.
Namun, itu tidak mudah. Bisnis bisa mendapatkan hasil yang serius dari memasarkan diri mereka sendiri di TikTok selama mereka tahu cara menggunakan platform tersebut.
Video viral adalah raja di TikTok, yang berarti bahwa pencipta yang paling tidak dikenal sekalipun dapat menjadi viral dalam semalam. Ada banyak keajaiban sekali klik di aplikasi ini, yang menjadikan TikTok tempat yang sulit namun menyenangkan bagi merek untuk menumbuhkan audiens mereka.
Jika Anda memulai dengan TikTok, Anda mungkin pernah melihat “FYP” di mana-mana. Ini mungkin tampak seperti detail kecil, tetapi FYP sebenarnya berdampak besar pada kinerja bisnis Anda di TikTok. Pelajari apa itu FYP, lihat mengapa bisnis Anda perlu masuk FYP, dan pelajari lima tips kami tentang cara cepat masuk FYP di TikTok.
Apa itu FYP?
Saat Anda membuka aplikasi TikTok, Anda akan melihat ada dua tab, yaitu Mengikuti dan Untuk Anda.
Umpan Mengikuti berfungsi seperti umpan Instagram. Anda hanya akan melihat konten di sini dari pembuat konten yang Anda ikuti, jadi ini bagus untuk pengguna TikTok yang ingin mengembangkan umpan konten tertentu. Namun, Mengikuti bukanlah umpan default di TikTok, sehingga tidak sepopuler pengguna.
Itulah mengapa begitu banyak bisnis ingin berada di halaman Untuk Anda, atau FYP. Ini adalah beranda TikTok dan umpan default yang akan Anda lihat saat membuka aplikasi TikTok. FYP berfungsi mirip dengan halaman Instagram Explore. Ini merekomendasikan konten kepada pengguna berdasarkan minat mereka dan apa yang telah mereka lakukan di masa lalu.
TikTok mempertahankan cara kerja yang tepat dari algoritme FYP-nya, tetapi dikatakan bahwa faktor-faktor ini memiliki dampak terbesar pada apa yang Anda lihat di FYP:
- Interaksi: Algoritme TikTok akan mempromosikan video yang memiliki lebih banyak suka, komentar, bagikan, dan Duet karena ini menunjukkan bahwa pengguna menyukai konten Anda.
- Informasi video: Tagar, keterangan, dan musik atau audio yang Anda pilih dapat berdampak pada kemunculan video Anda di FYP.
- Informasi lokasi: Lokasi Anda penting di TikTok. Itu terlihat di negara Anda, preferensi bahasa, dan pengaturan perangkat untuk menampilkan video dari pengguna di lokasi Anda. Lagi pula, Anda mungkin tidak ingin menonton video dalam bahasa Mandarin jika Anda tidak berbicara bahasanya, betul?
Hal penting yang perlu diperhatikan tentang FYP adalah jumlah pengikut tidak terlalu penting. Tidak seperti Instagram atau Facebook, TikTok menghargai konten berkualitas terlebih dahulu, jadi Anda tidak dapat mengandalkan jumlah pengikut yang banyak untuk meningkatkan merek Anda. Ini berarti video TikTok Anda harus original setiap saat, yang memberi banyak tekanan pada merek untuk tampil.
Mengapa video saya perlu masuk FYP di TikTok?
Mengapa Anda perlu khawatir tentang FYP? Bukankah cukup membuat konten yang bagus dan berharap orang-orang akan mulai mengikuti Anda?
Tidak! Bisnis harus berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan fitur di FYP karena:
- Ini hal pertama yang dilihat orang: FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka membuka TikTok. Bahkan jika mereka membuka feed Mengikuti, mereka akan melihat FYP terlebih dahulu. Karena pengguna menghabiskan tiap menit hingga jam di TikTok setiap hari, fitur di FYP dapat menampilkan Anda di depan ribuan pengguna.
- Itu menempatkan Anda di depan pengguna baru: TikTok memiliki 113 juta pengguna aktif di Indonesia (menurut Statista per Juni 2023) yang menjadikannya berada di urutan kedua negara dengan pengguna terbanyak di dunia. Jika Anda ingin terhubung dengan pengguna yang belum pernah melihat video Anda atau mengikuti Anda, FYP adalah tempatnya. Lebih banyak penayangan di FYP akan menghasilkan lebih banyak suka, mengikuti, dan yang terbaik dari semuanya adalah pengenalan merek.
- Itu berarti Anda melakukan sesuatu yang benar: FYP seperti Olimpiade TikTok. Anda membawa pulang emas jika video Anda bisa berada di feed FYP. Plus, jika Anda berhasil mendapatkan FYP, Anda akan tahu bahwa konten Anda beresonansi dengan audiens Anda di TikTok.
Cara Cepat Masuk FYP di TikTok
Banyak merek berencana untuk meningkatkan pengeluaran mereka untuk TikTok, tetapi Anda tidak harus menggunakan iklan berbayar kecuali Anda menginginkannya, yang benar-benar Anda butuhkan adalah kesuksesan organik di FYP.
Ingin mencoba memahami algoritma TikTok? Berikut ini lima cara cepat masuk FYP untuk memecahkan algoritma dan mencetak fitur di halaman TikTok Untuk Anda.
1. Posting Video TikTok Secara Konsisten
Platform media sosial ingin tahu bahwa merek Anda dapat menghasilkan konten berkualitas, secara konsisten. Semakin banyak konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan orang untuk tetap menggunakan platform yang persis seperti yang diinginkan TikTok.
Selain menandakan bahwa Anda adalah akun yang memiliki reputasi baik, memposting video TikTok secara konsisten juga memberi Anda lebih banyak peluang untuk mendapatkan fitur di FYP. Itu hanya matematika dasar, semakin sering Anda memposting, semakin sering Anda memasukkan “lotere” FYP.
Jika Anda baru mengenal TikTok, cobalah memposting setidaknya tiga kali seminggu untuk memulai. Berusahalah untuk memposting sekali sehari, dan kemudian beberapa kali sehari. Tentu saja, jangan membuat konten hanya demi itu! Pastikan Anda membuat video berkualitas tinggi yang mendorong keterlibatan.
Anda juga dapat meningkatkan keterlibatan Anda dengan memperhatikan waktu Anda. Mendaftar untuk Akun Bisnis TikTok dan periksa analitik Anda. Kapan audiens Anda online? Pastikan Anda memposting pada waktu tersebut untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik di FYP.
2. Gunakan Tren Audio, Suara, atau Efek
TikTok dimulai sebagai Musical.ly, sebuah aplikasi yang terutama untuk lip sync. TikTok telah berkembang menjadi lebih dari itu, tetapi musik masih memainkan peran besar dalam video TikTok.
Faktanya, pengguna dapat mencari audio, suara, dan efek tertentu langsung di aplikasi. Jika Anda menggunakan suara yang sedang tren di video Anda, Anda memiliki peluang lebih besar untuk berada di FYP.
Tidak yakin suara mana yang sedang tren saat ini? Anda dapat menemukannya dengan:
- Menjadi pengguna biasa: Jika Anda menemukan suara trending yang Anda sukai, pastikan untuk menyimpannya ke Favorit Anda. Anda dapat merujuknya nanti saat melakukan brainstorming ide konten dengan tim.
- Mencari suara: Gunakan tombol Cari untuk mencari suara tertentu di TikTok. Aplikasi akan menarik semua yang terkait dengan cuplikan musik atau audio itu.
- Hashtags: Pernahkah Anda mendengar suara gigitan, #piggydippin? Ini memiliki lebih dari 67 juta tampilan di TikTok. Untuk menemukan suara yang sedang tren seperti ini, gunakan tombol Telusuri lagi, tetapi tab ke feed Hashtag untuk melihat hasil mana yang muncul.
3. Gunakan Hashtag Populer
Tagar TikTok tidak sama dengan tagar Instagram. Anda tidak mencoba membuat orang kewalahan dengan 20 tagar yang tidak akan pernah mereka baca. Untuk TikTok, sebaiknya gunakan 3-6 hashtag yang relevan dengan video Anda.
Untuk menemukan tagar yang bagus, buka tab Temukan. Ini akan secara otomatis menampilkan daftar hashtag yang sedang tren (serta berapa banyak orang yang telah menggunakannya) sehingga Anda dapat memilih hashtag yang mendapatkan banyak daya tarik. Anda juga dapat melakukan pencarian video populer di niche Anda dan menyalin beberapa tagar yang mereka gunakan.
Tagar seperti #ForYou dan #FYP baik-baik saja, tetapi pastikan Anda menambahkan tagar yang memberi tahu pengguna tentang video tersebut sehingga mereka dapat menemukan Anda.
4. Buat Konten Lebih Baik Dari Orang Lain
TikTok menghargai konten yang bagus. Selama konten Anda mendapat reaksi dari pengguna, kemungkinan akan berakhir di FYP. Tapi bagaimana tepatnya Anda membuat konten yang lebih baik daripada orang lain di ceruk pasar Anda?
Coba strategi seperti:
- Mendapatkan dasar-dasar yang benar: Anda tidak memerlukan kualitas setingkat Hollywood, tetapi video TikTok Anda harus berkualitas tinggi. Buat video di smartphone, dapatkan audio yang lebih baik dengan mikrofon eksternal, dan edit video Anda untuk kecepatan dan kejelasan.
- Memfilmkan video yang lebih pendek: TikTok memperhatikan tingkat penyelesaian, atau tingkat di mana orang menonton seluruh video Anda. Jika Anda ingin orang menyelesaikan video Anda, buatlah sesingkat mungkin tanpa mengorbankan kualitas.
- Pemasaran influencer: TikTok memiliki tingkat keterlibatan influencer tertinggi dari semua platform. Influencer dengan 100.000+ pengikut di Instagram mendapatkan 1,1% keterlibatan di Instagram, tetapi mereka mendapatkan 5,3% keterlibatan di TikTok. Lewati batas dan dapatkan keterlibatan langsung pada konten Anda dengan bermitra dengan influencer.
5. Terlibat Dengan Pengikut dan Kreator Lain
Keterlibatan adalah raja di TikTok, jadi buatlah semudah mungkin bagi pengguna untuk berinteraksi dengan konten Anda. Jangan biarkan video TikTok Anda berakhir begitu saja, ajukan pertanyaan kepada pengikut Anda atau ajak mereka untuk membagikan pendapat mereka.
Saat mereka memberikan komentar di video Anda, pastikan Anda membalasnya. Bahkan balasan emoji lebih baik daripada tidak sama sekali.
Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam bentuk Duet atau Stitch. Cobalah untuk terlibat dengan konten profil tinggi yang sudah memiliki banyak keterlibatan untuk meningkatkan peluang Anda tampil di FYP.