Cara Memilih KPI Pemasaran Untuk Mengukur Keberhasilan Konten
Pemasaran konten adalah pendekatan strategis untuk terhubung dengan audiens Anda dan membuat narasi otentik tentang merek Anda. Selama bertahun-tahun, itu telah tertanam dalam setiap strategi pemasaran.
Dengan pemikiran tersebut, setiap bisnis harus memiliki metode untuk mengukur keberhasilan pemasaran konten. Jika tidak, tidak mungkin mengetahui apa yang berhasil, di mana Anda perlu meningkatkan, dan apa yang diminta audiens Anda.
Salah satu cara terbaik untuk mengukur performa dan keberhasilan konten Anda adalah dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). KPI memungkinkan Anda mengukur keberhasilan semua sasaran pemasaran di setiap langkahnya.
Ada metrik yang berbeda untuk dipilih sesuai dengan masing-masing tujuan Anda. Tetapi agar proses ini berhasil, Anda harus tahu cara memilih KPI yang tepat untuk strategi pemasaran konten Anda.
Dalam artikel ini, kami akan menggali mengapa KPI itu penting dan bagaimana memilih KPI pemasaran yang tepat untuk mengukur keberhasilan konten Anda.
Apa itu KPI Konten dan Mengapa itu Penting
KPI pemasaran konten adalah metrik khusus dan nilai terukur yang digunakan bisnis untuk melacak dan mengukur keberhasilan konten mereka dari waktu ke waktu. KPI dapat membantu Anda mengevaluasi seberapa efektif Anda mencapai tujuan konten Anda.
Mengukur KPI melibatkan penggunaan data yang Anda kumpulkan dari audiens Anda untuk mengevaluasi bagaimana mereka bereaksi terhadap konten Anda. Wawasan tersebut akan membantu Anda memahami kebutuhan mereka dan memberikan ide tentang cara meningkatkan konten Anda.
Dan itu belum semuanya. Dengan mengukur KPI, Anda dapat menghemat uang, mengurangi biaya akuisisi pelanggan, dan meningkatkan ROI konten Anda. Selain itu, Anda dapat melacak kinerja konten dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk membantu Anda mencapai sasaran.
Manfaat paling signifikan menggunakan KPI konten adalah mendapatkan gambaran yang jelas tentang keberhasilan strategi pemasaran Anda. Dan untuk mencapainya, Anda perlu mengetahui KPI pemasaran yang akan diukur. Saat Anda mengukur KPI yang salah, Anda mendapatkan hasil yang tidak akurat. Dan ketika Anda bertindak berdasarkan hasil yang salah, Anda berisiko menyabotase kinerja konten Anda di masa mendatang.
Cara Memilih KPI Pemasaran Konten Anda
Dalam hal pemasaran konten, ada banyak KPI yang harus dilacak. Kuncinya adalah memilih campuran yang bagus dari yang selaras dengan tujuan konten Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat memilih KPI yang dapat mengukur kemajuan dan membantu Anda menemukan tren serta menginformasikan langkah selanjutnya. Anda tidak perlu memilih dan melacak ratusan KPI untuk mengukur kinerja konten Anda.
Berikut panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda memilih KPI pemasaran yang tepat untuk mengukur kesuksesan konten Anda.
Pertimbangkan Tujuan Konten Anda
Inti dari KPI adalah untuk mengukur seberapa baik performa konten Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu memiliki tujuan konten dan mengetahui apa yang ingin Anda capai. KPI yang Anda pilih harus selaras dengan tujuan konten Anda.
Sederhananya, Anda perlu menghindari KPI umum. Misalnya, metrik KPI yang Anda gunakan untuk mengukur jumlah konversi yang dihasilkan konten Anda akan berbeda dari metrik yang digunakan untuk mengukur jangkauan konten. Untuk mengukur konversi, Anda akan melacak prospek dan prospek berkualitas, sedangkan untuk mengukur jangkauan, Anda akan melacak metrik seperti performa SEO Anda.
Sebelum mengukur KPI pemasaran konten Anda, Anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan Anda. Untuk meningkatkan kesadaran merek Anda, Anda perlu melacak KPI yang akan mengukur jangkauan dan persepsi merek Anda. Itu termasuk metrik seperti pembagian sosial, penyebutan merek, dan peringkat pencarian dan kata kunci.
Dan jika tujuan Anda adalah meningkatkan interaksi, lacak metrik yang akan mengukur seberapa baik respons audiens terhadap konten Anda. Lacak rasio pentalan, lalu lintas organik, waktu yang dihabiskan pelanggan di halaman Anda, dan rasio klik-tayang (RKT).
Sasaran pemasaran konten Anda harus menginformasikan KPI yang Anda pilih untuk mengukur keberhasilan konten Anda.
Gunakan Data untuk Memilih KPI Anda
Untuk menjalankan kampanye pemasaran konten yang efektif, Anda harus tahu apa yang diinginkan audiens Anda. Dengan menilai data Anda, Anda dapat memprediksi kebutuhan konten pelanggan dan menemukan KPI pemasaran baru yang perlu Anda lacak. Anda dapat menggunakan data Anda untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan Anda, di mana Anda perlu menggandakan dan di mana harus ditingkatkan.
Data Anda akan memberi tahu Anda apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkan konten Anda untuk memuaskan mereka. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan keterlibatan, tetapi konten Anda menghasilkan lebih banyak penjualan, Anda dapat merevisi konten konversi agar sesuai dengan keinginan pelanggan dan mengubah taktik keterlibatan konten Anda.
Manfaat paling signifikan menggunakan data Anda untuk memilih KPI adalah Anda akan terhindar dari memilih metrik yang salah dan mengetahui kapan Anda melakukannya. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat melacak metrik kinerja konten yang relevan dengan tujuan Anda dan menghindari hasil yang tidak diinginkan.
Dan ketika Anda mendapatkan hasil yang salah, Anda akan tahu cara menggunakannya untuk keuntungan Anda dalam kampanye konten berikutnya.
Pastikan KPI Pemasaran Konten Anda Realistis
KPI harus dapat diukur. Mereka akan memberi tahu Anda kemajuan atau kekurangannya. Namun hanya karena Anda dapat mengukurnya, bukan berarti Anda harus menetapkan tujuan di luar jangkauan Anda. Anda harus memilih KPI yang realistis.
Mengatakan Anda ingin meningkatkan lalu lintas organik sebesar 70% dalam satu bulan adalah tujuan yang terukur tetapi kurang realistis. Saat Anda menetapkan tujuan seperti itu, Anda akan sangat terobsesi untuk melacak kinerja SEO sehingga Anda akan melupakan metrik lain yang dapat membantu Anda mencapai tujuan.
Jadi bagaimana Anda membuat KPI pemasaran Anda realistis?
Anda harus memisahkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda.
Misalnya, Anda perlu meningkatkan beberapa metrik SEO sebelum berpikir untuk menggandakan lalu lintas organik Anda. Tujuan jangka panjang Anda adalah untuk mendominasi hasil pencarian untuk kata kunci Anda, dan tujuan jangka pendek Anda adalah untuk meningkatkan backlink Anda atau meningkatkan otoritas domain.
Saat Anda menetapkan sasaran yang dapat dicapai dan masuk akal, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak data dan wawasan dari cara pelanggan menanggapi konten Anda. Anda kemudian akan menggunakannya untuk memilih KPI konten untuk membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang bisnis Anda.
Terjemahkan Sasaran Strategi Konten Anda ke dalam KPI
Sebagai merek, Anda tahu bahwa mengembangkan dan mendistribusikan konten saja tidak pernah cukup. Anda perlu tahu mengapa Anda melakukannya dan bertujuan untuk mencapainya dengan memiliki strategi pemasaran konten yang dipikirkan dengan matang yang relevan dengan bisnis Anda. Dan manfaat utama memiliki rencana adalah memungkinkan Anda mengukur dampak pemasaran konten.
Strategi konten Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi KPI pemasaran yang tepat untuk diukur. Ini karena strategi konten yang baik memiliki tujuan akhir yang dapat Anda terjemahkan menjadi indikator kinerja.
Karena strategi konten biasanya disesuaikan untuk bisnis Anda, KPI yang Anda pilih menggunakan metode ini akan sangat membantu dalam mengukur keberhasilan konten dan pertumbuhan merek Anda secara akurat.
Jadikan KPI Anda Dapat Ditindaklanjuti
Sebelum Anda memilih KPI apa pun, tanyakan pada diri Anda apakah hasil yang Anda dapatkan dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda.
Jika KPI tidak dapat menginformasikan keputusan dan diterjemahkan ke dalam tugas yang dapat ditindaklanjuti yang dapat memecahkan masalah atau mengidentifikasi peluang, itu tidak layak dilacak. Singkatnya, KPI yang Anda pilih harus memengaruhi ekspektasi Anda untuk meningkatkan kesuksesan.
KPI yang Anda pilih harus dapat ditindaklanjuti dan menunjukkan tugas terukur untuk mengarahkan Anda menuju tujuan Anda. KPI yang dapat ditindaklanjuti memisahkan metrik lainnya dari metrik yang benar-benar penting bagi bisnis Anda.
Beberapa KPI yang dapat ditindaklanjuti yang harus dilacak oleh merek Anda mencakup akuisisi pelanggan, pengembalian pelanggan, keuntungan, biaya sampingan, dan ROI keseluruhan. Melacak KPI konversi ini dapat memberi Anda wawasan sempurna yang Anda perlukan untuk memahami keefektifan upaya pemasaran konten Anda.
Tinjau dan Perbarui KPI Anda
Memilih KPI pemasaran yang tepat untuk mengukur kesuksesan konten Anda mungkin membingungkan, tetapi itulah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua keuntungan dari pemasaran konten. Anda harus terus-menerus meninjau KPI yang Anda pilih dan sesuaikan tergantung pada tujuan dan kebutuhan audiens Anda.
Memilih KPI yang tepat untuk mengukur keberhasilan pemasaran konten Anda dapat menghemat waktu, mengurangi biaya, dan mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu pastikan bahwa Anda memilih strategi yang selaras dengan tujuan Anda. Lacak hanya metrik yang penting, misalnya metrik yang dapat ditindaklanjuti dan dapat memastikan Anda memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang.