Perbedaan Affiliate Marketing dan Influencer Marketing
Banyak merek telah beralih ke digital marketing untuk menyebarkan sebanyak mungkin kesadaran tentang produk dan layanan mereka. Meskipun Anda mungkin mengetahui popularitas influencer marketing, penting juga untuk melihat strategi lain untuk menjangkau audiens target Anda.
Banyak influencer media sosial berpartisipasi dalam affiliate marketing, meskipun tidak semua strategi influencer dapat disatukan dengan affiliate marketing. Influencer marketing dan affiliate marketing sangat penting ketika mempertimbangkan bagaimana Anda dapat mengembangkan bisnis Anda.
Sebelum memutuskan cara terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, Anda harus memahami perbedaan antara influencer marketing dan affiliate marketing. Artikel ini akan memberikan ikhtisar perbedaan keduanya untuk membantu Anda menentukan strategi terbaik untuk memastikan kesuksesan merek Anda.
Bagaimana Cara Kerja Influencer Marketing?
Influencer marketing semakin populer karena tingkat keterpaparan yang dapat diperoleh orang di platform media sosial. Ketika sebuah merek memilih untuk bermitra dengan influencer, mereka menciptakan hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak.
Merek sering kali memilih untuk bermitra dengan mikro-influencer yang pos dan pemirsanya selaras dengan produk atau layanan merek. Influencer marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan eksposur merek, terutama ketika merek Anda dapat menjangkau audiens target yang diinginkan, yang terdiri dari orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan potensial.
Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?
Affiliate marketing adalah strategi lain untuk meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau audiens target yang tepat. Dengan metode ini, merek berfokus pada strategi berbasis kinerja untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web merek.
Strategi ini dapat membantu saat Anda jika ingin mempromosikan merek Anda dengan bermitra ke berbagai penerbit, blog, dan perusahaan mapan. Uang hanya dapat dihasilkan saat penjualan terjadi melalui salah satu tautan afiliasi Anda, yang berarti ini umumnya dianggap sebagai strategi yang sangat aman yang menjunjung tinggi keamanan.
Apa Perbedaan Utama Antara Affiliate Marketing dan Influencer Marketing?
Meskipun influencer dan afiliasi terkadang tumpang tindih, merek harus menyadari perbedaan kritis antara influencer dan afiliasi sebelum menentukan rute terbaik.
Affiliate marketing dan influencer marketing berfungsi untuk mempromosikan produk Anda. Namun, yang pertama secara khusus dimaksudkan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web merek dan mempromosikan penawaran khusus kepada pelanggan, seperti diskon. Program afiliasi berfokus pada metrik seperti volume penjualan untuk produk tertentu dan lalu lintas situs web merek.
Sebaliknya, merek yang bekerja sama dengan influencer sering kali membayar influencer di muka sebelum kampanye dimulai, lalu berkolaborasi dengan mereka dalam ide konten kreatif. Pada intinya, influencer marketing melibatkan merek yang menemukan influencer yang selaras dengan produk dan audiens targetnya. Meskipun strategi influencer terkadang tumpang tindih dengan affiliate marketing, yang terakhir memprioritaskan data seperti rasio klik-tayang (RKT) dan SEO yang kuat untuk meningkatkan eksposur merek.
Namun, penting bagi Anda untuk mencatat bahwa banyak merek mengintegrasikan influencer marketing dan affiliate marketing dalam kampanye mereka. Banyak dari strategi digital paling sukses dibentuk melalui kombinasi ini, dan banyak influencer memiliki opsi untuk ikut serta dalam metode mirip afiliasi. Kedua strategi tersebut melibatkan pihak ketiga, dan Anda dapat melibatkan influencer dalam program afiliasi Anda jika keduanya sesuai dengan nilai dan sasaran merek Anda.
Apa Manfaat Strategi Influencer?
Salah satu bagian penting dari influencer marketing adalah bahwa strategi ini memungkinkan merek Anda menciptakan kepercayaan mendalam antara Anda dan audiens target Anda.
Karena pengikut sering merasakan kesetiaan kepada influencer yang mereka ikuti, influencer marketing menempatkan Anda di depan permainan dibandingkan dengan merek yang tidak memprioritaskannya. Ini juga berharga karena merupakan salah satu strategi digital paling pribadi yang tersedia untuk merek. Dengan meminta influencer tepercaya mendemonstrasikan produk Anda dan manfaatnya, audiens target Anda akan mulai mengembangkan koneksi ke merek Anda.
Merek Anda harus menargetkan influencer yang benar-benar menikmati dan mendukung produk Anda dengan pemasaran influencer. Audiens sering kali dapat mengetahui influencer favorit mereka asli, artinya Anda tidak boleh menjalin kemitraan dengan influencer yang tidak berinvestasi dan tidak tertarik dengan merek Anda.
Apa Manfaat Strategi Afiliasi?
Salah satu manfaat paling signifikan dari affiliate marketing adalah komitmen bebas risiko yang dibuat oleh merek Anda. Uang hanya dihasilkan ketika pelanggan potensial menyelesaikan penjualan melalui salah satu tautan afiliasi Anda yang membawa mereka ke halaman arahan merek Anda. Ini berarti strategi afiliasi terjangkau dan umumnya tidak akan memengaruhi pendapatan merek Anda.
Manfaat besar lainnya untuk affiliate marketing adalah merek Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk meneliti agar menemukan afiliasi yang ditujukan untuk audiens target Anda. Ada banyak layanan yang dapat diakses untuk affiliate marketing yang memastikan merek Anda dipromosikan di situs web yang andal. Beberapa alat juga memungkinkan Anda melacak metrik dan inventaris waktu nyata untuk tetap berada di puncak kampanye Anda.
Memulai Program Afiliasi
Merek baru untuk affiliate marketing harus mengikuti beberapa langkah dasar untuk membangun program afiliasi baru. Untuk memulai, merek harus menentukan faktor penting yang akan memengaruhi strategi pemasaran mereka, seperti cara merek menangani komisi dan perangkat lunak terbaik untuk digunakan dalam kampanye.
Penting juga bagi sebuah merek untuk menjadi mapan saat membuat program afiliasi yang bermanfaat. Untungnya, metode ini biasanya fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan merek khusus Anda. Secara umum, program affiliate marketing memerlukan alat yang memungkinkan Anda melacak metrik merek, mengintegrasikan kampanye, atau mengubah dan menyesuaikan halaman afiliasi.
Membuat kampanye influencer atau afiliasi yang efektif bisa tampak menakutkan bagi merek mana pun. Untuk tim dan profesional yang baru dalam influencer marketing atau affiliate marketing, memahami persamaan dan perbedaan antara setiap strategi sangatlah penting.