Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Livestream Shopping
Memaksimalkan hasil dan profitabilitas strategi pemasaran influencer Anda sangat penting. Di zaman sekarang ini, pemasaran influencer adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan produk secara keseluruhan, terutama jika Anda bermitra dengan influencer berpengetahuan luas yang sangat cocok dengan merek Anda.
Banyak organisasi mulai menggunakan livestream shopping dengan efek yang sangat baik. Tetapi bagaimana jika Anda tidak tahu apa itu “Livestream Shopping” atau apakah itu dapat meningkatkan kampanye pemasaran influencer Anda? Anda datang ke artikel yang tepat.
Penjelasan Livestream Shopping
Singkatnya, livestream shopping atau belanja streaming adalah audiens berbelanja di tengah live streaming.
Bayangkan di mana seorang influencer memamerkan berbagai produk bermerek dan berbicara tentang mengapa mereka lebih memilihnya dibandingkan dengan yang lain. Berbeda dengan konten semacam ini atau konten candid (di mana influencer menggunakan produk dalam aktivitas sehari-hari), livestream shopping memungkinkan pemirsa untuk membeli produk saat itu juga melalui tombol beli yang terintegrasi ke dalam layar saat live streaming berlangsung.
Livestream shopping dapat diselenggarakan di TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, dan lainnya. Bayangkan seorang pelanggan yang melihat tokoh idola favorit mereka berbicara tentang jaket baru yang baru saja dia beli, dan tombol beli muncul untuk jaket yang sama. Dengan satu sentuhan dilayar, pelanggan dapat menambahkan jaket ke keranjang belanjanya, bahkan bisa checkout saat itu juga. Mudah, cepat, dan terhubung erat dengan livestream shopping.
Dalam beberapa hal, livestream shopping mirip dengan program etalase penjualan yang ditayangkan di TV pada tahun-tahun sebelumnya (dan masih disiarkan dalam beberapa kasus). Namun dalam kasus ini, penonton secara inheren memercayai influencer atau presenter produk karena mereka sudah berinvestasi di konten video influencer lainnya.
Manfaat Menggunakan Livestream Shopping
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan livestream dalam kampanye pemasaran influencer Anda, Anda dapat langsung melihat beberapa manfaat penting.
1. Menawarkan Tampilan Otentik pada Produk
Sebagai permulaan, livestream shopping langsung memberi audiens target Anda tampilan otentik pada produk yang ingin mereka beli. Kenapa rasanya otentik? Karena mereka mempercayai influencer yang menghadirkan produk sejak awal.
Biasanya, pembeli online segan untuk mempercayai iklan yang terang-terangan. Lagi pula, mereka tidak memiliki keterikatan emosional dengan iklan itu sendiri.
Namun ketika seorang influencer populer menghadirkan sebuah produk, pemirsa influencer tersebut lebih cenderung menganggap komentar dan pendapat presenter tersebut sebagai kebenaran. Jika seorang influencer yang bekerja untuk merek Anda mengatakan bahwa dia menyukai salah satu produk Anda, misalnya, pemirsa mereka mungkin lebih cenderung untuk mencoba sendiri produk tersebut.
Ini semua masalah psikologi penjualan. Influencer Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun kepercayaan dengan audiens mereka. Dengan belanja streaming langsung, Anda akhirnya dapat menguangkan kepercayaan itu dan meyakinkan anggota audiens target Anda untuk mencoba produk Anda atau melakukan pembelian yang mungkin tidak mereka lakukan.
2. Menumbuhkan Perilaku Pembelian Instan
Selain itu, streaming langsung membantu mendorong perilaku pembelian instan yang digerakkan oleh naluri . Dengan pengaturan belanja streaming langsung, pemirsa diberi insentif untuk segera melakukan pembelian. Tombol beli muncul di layar setelah influencer mulai berbicara tentang salah satu produk favorit mereka; pemirsa Anda akan terdorong untuk melakukan pembelian saat itu juga daripada berdiam diri atau menunggu sampai nanti. Ini bermanfaat karena beberapa alasan utama.
Pertama, ini mengurangi pengabaian keranjang (tindakan pelanggan memasukkan sesuatu ke keranjang belanja, lalu mengeklik dari situs atau toko Anda). Di sisi lain, ini meningkatkan berapa banyak pembelian yang Anda terima pada hari atau minggu tertentu. Ini dapat sangat membantu ketika mencoba mengumpulkan pendapatan untuk operasi atau ekspansi bisnis.
3. Cocok untuk Fesyen dan Jenis Produk Serupa
Livestream shopping sangat populer dan efektif untuk produk fesyen dan jenis produk serupa. Untuk banyak dari produk ini, pelanggan ingin dapat mencobanya sebelum melakukan pembelian atau setidaknya mengetahui bahwa seseorang yang mereka percayai telah mencobanya dan menganggapnya berharga.
Ini lebih sulit dari biasanya dengan belanja online. Lagi pula, seseorang tidak dapat mencoba jaket yang mereka lihat di toko online. Tetapi jika seseorang, secara hipotetis, melihat seorang influencer dengan tipe tubuh yang mirip mencoba jaket contoh itu dan ternyata cocok, mereka akan cenderung berpikir bahwa jaket tersebut cocok untuk mereka dan sebagai hasilnya melakukan pembelian.
Hal ini berlaku untuk produk fesyen, sepatu, perabot rumah, dan makanan. Influencer berpengalaman juga akan membangun antisipasi sebelum memamerkan produk, yang dapat membantu membuat jenis produk tertentu jauh lebih menarik dan dapat dibeli daripada biasanya.
4. Mudah Dimasukkan ke dalam Pemasaran Influencer Anda Saat Ini
Mungkin yang paling penting dari semuanya, livestream shopping relatif mudah untuk dimasukkan ke dalam strategi pemasaran influencer Anda saat ini.
Anda dapat memasukkan livestream shopping ke sebagian besar platform pemasaran influencer seperti TikTok dan Instagram. Bisa dibilang livestream shopping adalah salah satu cara terbaik untuk mendaftarkan produk Anda secara langsung dan mendapatkan pembelian.
Karena influencer pemasaran Anda sudah membuat konten video untuk audiens Anda, membuat acara livestream shopping dan saran produk seharusnya relatif mudah. Anda dapat menawarkan kepada influencer Anda sebagian dari semua keuntungan yang Anda peroleh dari livestream shopping untuk memberi mereka insentif agar mengedepankan tenaga penjualan terbaik mereka.
Intinya, Anda berpotensi membuka aliran pendapatan tambahan ini dengan sedikit modifikasi pada strategi pemasaran Anda saat ini. Artinya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memasukkan kampanye Anda.
Haruskah Anda Menggunakan Livestream Shopping?
Mengingat manfaat livestream shopping, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya untuk merek Anda jika Anda sudah memanfaatkan pemasaran influencer secara umum.
Pemasaran influencer sangat efektif karena membangun koneksi dengan audiens Anda dan karena membantu menyebarkan kesadaran merek di seluruh platform media sosial populer seperti TikTok dan Instagram. Jika Anda sudah memiliki beberapa kemitraan dengan influencer populer, Anda dapat menggunakan livestream shopping untuk mendorong produk dan membangun koneksi yang lebih baik dengan audiens target Anda daripada sebelumnya.
Livestream shopping dapat bermanfaat jika:
- Anda ingin menghasilkan peningkatan penjualan dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda.
- Anda ingin langsung menjual produk tertentu yang tidak memiliki tingkat pembelian terbaik di toko online Anda.
- Anda mengalami kesulitan terhubung dengan audiens target Anda.
- Anda ingin meningkatkan keaslian merek Anda melalui mitra influencer Anda.
- Anda ingin meningkatkan efektivitas pemasaran tanpa menghabiskan banyak uang untuk iklan.
- Audiens target Anda lebih cenderung melakukan pembelian atau terhubung dengan merek Anda melalui influencer atau pemasaran sosial dibandingkan dengan iklan tradisional.
Seperti yang Anda lihat, livestream shopping bisa menjadi apa yang dibutuhkan merek Anda untuk berkembang di arena pemasaran baru ini. Dengan livestream shopping, mitra influencer Anda dapat terhubung ke audiens Anda lebih dari sebelumnya dan juga menjual produk Anda secara langsung dan mudah. Faktanya, livestream shopping berpotensi menghidupkan kembali kampanye pemasaran influencer Anda dari atas ke bawah. Pertimbangkan untuk mengintegrasikannya ke dalam strategi pemasaran Anda hari ini.