6 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses

Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses

Marketing di dunia maya jauh berbeda dengan di dunia nyata. Jika di dunia nyata seorang marketing perlu menjelaskan semua manfaat produk lengkap dengan praktik singkatnya, di dunia maya atau internet seorang marketing dituntut untuk memiliki keahlian menulis dan pengetahuan tentang psikolog.

 
Why???
 

Seorang marketing yang sukses di internet dapat menulis rangkaian kata-kata yang mengandung unsur “paksaan” atau “doktrin” secara halus dimana hal itu bisa dilakukan dengan ilmu psikolog. Ajakan yang mengharuskan siapapun yang membeli bisa berupa diskon atau penawaran spesial berwaktu dan terbatas. Dengan gaya bahasa dan gambaran yang membuat pemikiran siapapun yang membaca ingin segera membeli produk yang dijual, meski tidak terlalu berguna.

Cara seperti ini banyak digunakan oleh marketing-marketing terkenal yang biasanya mempekerjakan ahli psikolog untuk mendongkrak produk dagangannya.

Di internet semua orang bisa saja tidak tertarik atau mungkin sangat tertarik dengan produk yang dijual, itu semua tergantung seberapa baik strategi marketing yang digunakannya. Dan disini kami ingin berbagi informasi mengenai 6 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses yang perlu Anda ketahui sebelum memulai untuk mempromosikan produk ke publik/internet. Berikut ini tipsnya:
 

1. Membuat Akun Sosial Media

Sosial Media

Seorang marketing online diwajibkan memiliki akun sosmed yang kredibel/terpercaya. Dalam arti, akun tersebut selalu mengulas poin-poin penting dan manfaat dari produk yang dijualnya. Tidak perlu membagikan testimoni atau mengunggah gambar yang berlebihan karena itu akan dilakukan pada website nantinya.

Hanya membuat akun sosmed yang bisa dipercaya oleh banyak orang, Anda dapat menjual produk berkali lipat lebih mudah dibandingkan akun sosmed pribadi. Contoh akun sosmed kredibel misalnya:

  • Menggunakan foto profil semenarik mungkin.
  • Menggunakan banner promosi yang ideal.
  • Menunjukkan nomor telpon, email dan alamat situs web.
  • Tidak membuat status dan story pribadi, semua harus bersifat publik.
  • Menunjukkan tahun pembuatan akun sosial media untuk menambah kepercayaan.
  • Tidak memperlihatkan sifat/keseharian pemilik akun didunia nyata seperti pandangan politik, agama, dll.
  • Tidak perlu mengunggah foto, video, dan berbagi link yang tidak berkaitan dengan produk.

Hal-hal tersebut membuat akun sosmed menjadi dipercayai oleh orang yang melihatnya karena terlihat professional.
 

 

2. Membuat Situs Web

Official Website

Situs web official atau website resmi adalah salah satu kunci sukses marketing online. Terang saja, dengan situs web seorang marketing professional bisa membagikan banyak hal yang bisa membuat calon pembeli ingin terus membaca ulasan atau kata-kata sambutan di halaman utama situs webnya. Sebenarnya, kata-kata itu sudah dirangkai sedemikian rupa dan berkaitan dengan psikolog, yang membuat siapapun membaca akan terhanyut pada akhirnya mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut meskipun tidak terlalu membutuhkan produk tersebut.

Selain kata-kata doktrin dan ajakan untuk membeli, di situs web marketing professional juga tertera beragam gambar, video dan testimoni original yang membuat orang melihat dan mempercayai produk tersebut.

Marketing yang handal dituntut untuk memiliki banyak rekan untuk membantu merampungkan strategi pemasarannya, termasuk membangun situs web dan kontennya seperti video editing atau foto editing.

 

Semua media hasil editing dikombinasikan dengan template situs web untuk membangun kepercayaan calon pembeli yang mngunjungi situs webnya, dan merasa benar-benar yakin untuk membelik produk yang dijual. Menunjukkan foto wajah dalam ulasan bergambar atau video pun dapat menjadi poin penting yang membuat calon pembeli lebih percaya diri untuk membeli produk.

Berikut ini daftar konten yang umum diterapkan pada situs web marketing (landing page) yang membuat calon pembeli percaya ialah:

  • Video review original (ulasan mengenai keunggulan dan manfaat produk).
  • Foto mockup (clean & elegan yang disesuaikan dengan template situs web).
  • Testimoni (menggunakan situs web pihak ke-3 agar lebih dipercayai).
  • Tampilan website sederhana dan responsive agar lebih professional.
  • Tombol berbagi ke sosial media (wajib).
  • Dilengkapi artikel yang berkaitan dengan produk yang dijual (berisi tips dan informasi).
  • Mengaktifkan SSL atau HTTPS untuk mempercayai calon pembeli jika situs web tersebut aman.
  • Mengaktifkan banyak metode pembayaran, namun hanya satu nama penjual/penerima agar lebih dipercaya (khusus produk yang bisa dikirim ke luar negeri biasa menggunakan Paypal atau sejenisnya yang bisa menerima pembayaran dari internasional seperti Visa atau Mastercard).
  • Keamanan situs web terjaga dan menunjukkan icon keamanan yang digunakan seperti Comodo Website Security atau McAfee for Website.
  • Menambahkan link beli langsung ke e-commerce lokal untuk mode pembelian yang lebih aman seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Beberapa poin diatas sudah pasti ada di setiap situs web marketing online karena memang mutlak diperlukan sebagai bagian dari kepercayaan calon pembeli.
 

3. Membuat Review Video Original

Video Review

Seperti yang kami sebutkan diatas, video review original adalah faktor penting untuk menambah kepercayaan calon pembeli.

Dalam video, usahakan tempat yang sedikit wah seperti dalam ruang keluarga atau ruang pribadi yang rapih dan bersih. Hal ini bisa menciptakan nuansa yang nyaman saat calon pembeli menonton video Anda. Lebih baik lagi jika Anda memiliki rekan atau menggunakan jasa spesialis editing video untuk memastikan video diatur agar tampak lebih professional seperti pencahayaan dan suara.
 

4. Membuat Testimoni Terpercaya

Testimoni

Testimoni adalah hal kecil yang sering dipertanyakan oleh calon pembeli. Untuk membuat testimoni yang bisa dipercaya ada banyak cara dan cara paling sederhana adalah menggunakan situs web pihak ke-3 untuk mengarsip testimoni. Situs web yang bisa mengarsip testimoni dan dipercaya oleh banyak orang adalah ShopperApproved dan HelpScout. Beberapa situsweb e-commerce besar pun menggunakan salah satunya sebagai bagian untuk menambah kepercayaan calon pembeli.
 

5. Membuat Liputan Diberbagai Berita

Liputan Berita

Cara yang satu ini cukup sulit dilakukan tanpa modal, jadi Anda perlu merogoh kantong untuk membuat artikel agar informasi/ulasan produk Anda bisa muncul di situs berita. Harga untuk menyogok penulis tetap situs web berita bervariasi dan untungnya hampir semua situs web berita lokal maupun internasional bisa disogok untuk menulis artikel. Meskipun dengan biaya, namun hasil dari berpromosi di situs web berita sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan mendongkrak audiens.
 

6. Promosi Berbayar (Advertisement)

Google AdWords

Menjadi pengiklan/advertisement adalah cara paling umum yang dilakukan oleh banyak marketing di internet. Setelah situs web official rampung dibuat, seorang marketing professional akan mempromosikan situs webnya melalui periklanan karena mereka tidak ingin membuang waktu untuk menunggu calon pembeli yang datang secara organik.

Ada banyak layanan penyedia kanal iklan yang bisa mempromosikan situs web dan produk Anda ke publik luas atau hanya area tertentu saja, dan yang paling diminati adalah Google AdWords, Facebook Ads, dan TikTok Ads.

Anda bisa mendaftar, mengatur penampilan iklan hingga memilih target pasar dengan menjadi pengiklan. Goolge AdWords masih menjadi juara karena sistem periklanan mereka yang canggih dan dapat memunculkan situs web pemasang iklan di urutam pertama hasil pencarian Goolge. Tentu saja inilah yang paling diinginkan marketing online, yaitu menduduki puncak pencarian.

Mempromosikan di sosial media seperti Facebook dan TikTok juga tak kalah penting karena mampu mendatangkan calon pembeli dengan signifikan dan menyingkirkan kompetitor yang menjual produk serupa dalam waktu yang sangat singkat.
 

 

6 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses diatas bukanlah hal sederhana yang bisa dilakukan dengan cepat, butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk merampungkan semuanya.

Anda perlu waktu dan biaya sebelum totalitas untuk mempromosikan sebuah produk yang benar-benar Anda yakini bisa membuahkan hasil fantastis.

Tips diatas kurang cocok untuk cara berjualan yang hanya iseng-iseng karena perlu waktu, ide, dan mengeluarkan biaya sebelum meledakkan nama produk yang akan dijual. Tapi sangat cocok dilakukan untuk mempromosikan produk yang benar-benar bisa menutupi jerih payah dan modal promosi seperti untuk menjual properti, otomotif, elektronik, peralatan kedokteran, hingga aksesoris dan fashion branded.
 

Sekian informasi tips marketing online ini, semoga bisa menambah wawasan dalam mempromosikan produk dagangan online Anda.
 


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *